Pengembangan SDM

Proses pengembangan SDM atau sumber daya manusia atau SDM memang perlu dilakukan di segala bidang dan di semua organisasi, apapun bentuk usaha dan bidang kerjanya. SDM merupakan ruh dari sebuah usaha atau sebuah organisasi, karena SDM adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap mutu dan pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. Organisasi ataupun lembaga besar seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga sangat memperhatikan kualitas dan proses pengembangan SDM mereka.

BRI pada tahun 1990an sangatlah berbeda dengan BRI yang ada sekarang ini, terutama dalam upaya pengembangan SDM. Pada masa tersebut BRI digambarkan sebagai lembaga yang malas, terlalu bersifat birokratis hingga korup.

Perubahan dilakukan pada tahun 1998, dimana dibentuk Tim Budaya Kreatif yang bekerjasama dengan PT Service Quality Center Indonesia. Tim ini berhasil melakukan perubahan dengan cara mengembangkan 5 budaya dasar yang dianut oleh BRI yaitu Integritas, Profesionalisme, Kepuasan Nasabah, Keteladanan, dan Penghargaan kepada Sumber Daya Manusia.

Proses sosialisasi dan penanaman budaya ini kepada seluruh jajaran BRI, BRI kemudian berkembang menjadi sebuah organisasi yang lebih baik, bahkan sempat juga menerima penghargaan sebagai salah satu BUMN terbaik di tanah air.

Proses pelatihan SDM yang terus menerus dan dilakukan pada semua pihak dan jajaran merupakan upaya agar semua pihak yang berada dalam organisasi besar ini akan memiliki pengetahuan yang mereka butuhkan dalam melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan tuntutan internal dan eksternal. Dengan proses pengembangan SDM seperti ini, diharapkan tingkat efektifitas dan efisiensi organisasi akan meningkat dan menjadi lebih baik lagi.

Proses ini bukanlah sebuah proses yang mudah, namun ternyata mampu memberikan hasil yang diharapkan. Proses berkelanjutan dalam upaya sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai budaya tersebut terus dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan pembentukan master trainer budaya kerja, pembentukan Change Agent pada masing-masing tingkatan dari kantor pusat hingga kantor pembantu serta sosialisasi ke semua jajaran. Untuk info lebih lanjut kunjungi situs kami ini :